Thursday, March 31, 2016

DIY Pasang Wiper Blade Mobil

Halo sobat, beberapa bulan ini saya telah menggunakan beberapa macam dan tipe wiper blade untuk mobil. Maklum bulan-bulan ini adalah bulan dengan curah hujan yang tinggi. Hampir setiap sore hujan mengguyur kota kami. Sehingga perlu performa wiper blade yang baik untuk visibilitas yang baik. Karena visibilitas dalam berkendara merupakan faktur utama dalam berkendara. Bila anda berkendara pada cuaca buruk dan visibilitas anda terganggu karena hujan maupun sapuan wiper yang kurang sempurna dapat mengancam keselamatan berkendara. Maka dari itu, jangan sepelekan masalah tersebut.
Baik, sebelumnya saya akan bercerita mengenai kronologisnya. Sekitar awal bulan Desember saya memutuskan untuk mengganti wiper, dikarenakan adalah usia pakai wiper sudah melebihi batas, akibatnya sapuannya kurang maksimal, dan juga karet yang sudah mengeras sehingga tidak bisa fleksibel di atas permukaan kaca. Wiper yang saya pakai sebelumnya adalah merk Kan*bo frameless wiper blade. Semula saya ingin mengganti wiper dengan merk yang sama, namun ketersediaan barang dari merk ini sangat minim. Hampir di setiap toko assesoris mobil di kota ini telah saya kunjungi, namun hasilnya nihil. Memang pada masa sebelumnya produk ini sungguh boom, namun banyak yang meninggalkannya karena persaingan harga dan kualitas. Oke akhirnya saya memutuskan untuk menggantinya dengan produk yang tidak bermerk namun frameless, harganya cukup terjangkau Rp 90.000 per set, dibandingkan dengan merk Kan*bo yang mencapai harga Rp. 250.000 per set. Hasilnya waduh sangat mengecewakan, Pada hari pertama melibas hujan, wiper cukup baik untuk menyapu air. Tetapi setelah satu mingguan, mulai payah, sapuannya benar-benar tidak bersih, meninggalkan bekas air di kaca, sehingga visibilitas terganggu. Cukup 2 minggu saja saya menggunakan wiper ini, setelah itu saya menggantinya dengan merk yang lain, maksud saya yang ada merk nya, hahahah. Oke yang kedua, masih menggunakan wiper frameless milik Mo*n. Harganya Rp 90.000 per pcs, jadi untuk 1 set saya memerlukan 2 pcs. Cukup mengorek kantong dengan total pembelian Rp. 180.000. Hasilnya cukup lumayan, saya memakainya hingga minggu kemarin dari bulan Desember. Namun masalah muncul kembali, ketika melibas hujan pada siang hari, wiper akan bekerja maksimal, tetapi bila malam tiba, sungguh memprihatinkan. Wiper tidak bisa menyapu dengan maksimal alias meninggalkan jejak seperti embun sehingga membutuhkan waktu kurang lebih 2 detik agar embun hilang. Namun tetap saja menggangu, karena ketika wiper menyapu dengan kecepatan tinggi akan menghasilkan embun yang cukup banyak, sehingga menggangu pandangan pengemudi. Ini dia penampakan wiper Merk Mo*n yang saya gunakan sebelumnya.


Akhirnya saya memutuskan untuk menggantinya lagi. Tetapi sebelum membeli, saya berusaha untuk mencari informasi mengenai wiper yang relevan yang sudah terbukti ketangguhannya. Dan pilihan tersebut jatuh kepada Hel*a Premium Wiper Blade.


Menurut review yang saya baca, wiper ini adalah wiper yang digunakan oleh beberapa manufaktur mobil sebagai wiper OEM, atau wiper yang digunakan untuk standart pabrik mereka. Beberapa merk mobil yang menggunakn wiper ini antara lain Toyota, Honda dan Suzuki. Mereka menggunakan wiper ini untuk standard bawaan mobil mereka.

Oke saatnya memasang wiper blade. Pertama lepas dahulu wiper yang lama. Tangkai wiper yang akan saya peragakan menggunakan tangkai model Hook. Walaupun wiper ini sudah support dengan model hook, model bayonet arm, dan pin arm. 

Langkah 1 :
Lepaskan wiper lama, sehingga terlihat seperti gambar di bawah ini.

Langkah 2 :
Perhatikan baik baik pada wiper yang akan anda pasang, pada baian hook arm, pastinya ada pin pengunci ketika kita kaitkan pada wiper blade. Sehingga jangan terbalik memasangkannya.

Langkah 3 :
Masukkan tangkai hook nya ke wiper blade, Sehingga posisi nya adalah seperti gambar berikut:
Langkah 4 :
Kaitkan hook, lalu tarik wiper blade ke arah berlawanan sehingga hook mengunci pada wiper blade, pastikan pin penguncinya terpasang dengan pas.

Selesai, wiper blade sudah terpasang pada tangkainya. By the way, untuk harga satu set wiper blade ini cukup mengkorek uang sebesar Rp. 75.000, cukup terjangkau bukan ?

Baik itu saya yang dapat saya share kan kepada sobat pembaca. Selamat mencoba.
Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment

Monggo dikomentari - Please add your comment