Monday, March 28, 2016

Mata Bor Kayu jenis Kipas dan Hole saw

Mungkin sobat ada yang tertarik di dunia pertukangan? Mungkin suka dengan seni pertukangan kayu? Oke saya akan bahas mengenai review bor kayu menggunakan bor mesin.  Ada beberapa pilihan untuk membuat lobang yang cukup besar menggunakan bor.

Berikut akan saya sampaikan review mengenai pengalaman saya menggunakan 2 jenis mata bor yang berbeda ini.

1. Bor Kipas
Mata bor ini cukup umum ditemui di beberapa toko besi untuk pertukangan kayu. Harganya yang cukup terjangkau dan kualitasnya yang cukup lumanyan baik. Berikut penambakan mata bor kipas. 
Ujungnya meruncing dan ada bagian yang seperti kipas, fungsinya adalah mengkikis kayu dengan kecepatan tinggi sehingga menghasilkan lobang sesuai ukuran lebar dari mata bor tersebut. Tolok ukuran dari bor ini adalah diameter, sehingga bila mana ada bor kipas yang bertuliskan 12 di ujungnya, berarti bor ini akan melobangi kayu sebesar 12 mm. Ukurannya seperti anda lihat di gambar mulai dari 10, 12, 16, 19, 20 dan paling besar 25 mm. 

Beberapa hal yang perlu diketahui ketika menggunakan mata bor ini adalah, sebaiknya gunakan putaran yang paling tinggi ketika anda menggunakan bor. Karena bila menggunakan putaran yang rendah akan tidak maksimal, serta getaran yang dihasilkan lebih kuat. Pastikan anda memegan bor anda dengan kuat dan kaku, karena sifat ujung mata bor yang pipih membuat getaran pada mesin bor sungguh kuat, anda harus memegangnya erat-erat agar bor tidak goyah, sehingga menghasilkan bulatan yang rapi. 

Selain ukurannya yang banyak dan harganya yang murah, mata bor jenis ini mempunyai kelemahan yang menurut saya sangat penting. Untuk permukaan material yang dilubangi menggunakan mata bor ini cukup rapi, namun bagian yang tertembus disebaliknya tidak akan semulus lubang di depan. Pada bagian belakang pasti akan pecah dan tidak menghasilkan lubang yang rapi. Sehingga tidak direkomendasikan untuk melubangi kayu atau papan yang menginginkan hasil yang rapi di kedua sisi. Mata bor ini biasanya digunakan untuk membuat lugang kunci pada daun pintu, atau lubang kunci pada daun jendela.

2. Hole Saw
Seperti namanya hole saw adalah gergaji yang digunakan untuk melobangi. Ciri khas dari mata bor ini bahwa dapat melubangi kayu dengan diameter yang besar. Berikut penambakan dari hole saw :
Diameter dari hole saw ini bermacam macam, dari mulai ukuran kecin 20 mm sampai yang paling besar hingga 100mm. Pada mata bor hole saw ini terdiri dari 2 bagian. Mata bor dan gergaji. Bagian yang melingkar seperti gergaji yang bundar dapat anda bongkar pasang dan diganti dengan ukuran yang berbeda, sedangkang mata bor yang ditengah adalah bor kayu pada umunya yang fungsinya sebagai poros putar ketika kita melubangi papan atau balok kayu. Kelebihan dari mata bor ini adalah lubang dari hasil pengeboran akan rapi dan mulus, karenan gerigi kayu akan memotong bangian dari material yang akan kita bor dengan halus karena mata bor nya yang kecil, sehingga mengasilkan potongan yang rapi. Mata bor ini tidak memerlukan kecepatan putar yang tinggi, karena mata gerigi yang kecil dan tajam membuatnya mudah untuk memotong. Serta getaran yang dihasilkan juga sangat minim. Selain kemudahan dan hasil yang baik dari mata bor ini ada beberapa kelemahan yaitu selain harganya relatif mahal, bor ini tidak bisa menembus papan atau balok kayu melebihi dari ukuran gergajinya. Seperti dilihat pada gambar, ada perbedaan diameter antara mata gergaji dengan bagian belakang mata gergaji, sehingga ketika ingin melubangi papan kayu yang cukup tebal harus dilubangi dari kedua sisi supaya berlubang. Namun ada beberapa jenis dari hole saw yang dapat melubangi papan atau balok kayu yang cukup tebal, seperti pada gambar berikut :
Gambar di atas masih termasuk hole saw, Bisa dilihat dari perbedaan hole saw yang pertama, bahwa yang kedua ini tidak memiliki perbedaan diameter antara mata gerigi dengan bagian belakan pada mata bor. Sehingga dapat menembus lubang dengan mulus.

Itu lah beberapa ulasan yang saya berikan berdasarkan pengalaman saya menggunakan kedua jenis mata bor untuk membuat lubang.
untuk note saja, harga pasaran untuk mata bor kipas berkisar Rp 35.000 sedangkan untuk mata bor hole saw di harga berkisar Rp. 50.000 - 120.000, untuk informasi saya memiliki mata bor hole saw ukuran 30mm seharga Rp. 80.000. Jadi pilihan ada di tangan anda, mana yang kira-kira cocok untuk pekerjaan anda.


0 komentar:

Post a Comment

Monggo dikomentari - Please add your comment