Tuesday, March 22, 2016

Tips dan Trik Menulis Karya Fiksi

Menulis merupakan kegiatan yang mengasikkan bagi beberapa kalangan. Menulis juga merupakan fasilitas untuk mengungkapkan dan menyatakan sebuah gagasan maupun pikiran seseorang. Beberapa orang lebih suka menerbitkan tulisannya dan banyak juga yang memilih untuk dirinya sendiri.
Untuk menyampaikan sebuah gagasan, ide maupun cerita dalam sebuah tulisan, perlu adanya aturan atau struktur yang jelas dalam menyampaikannya. Walau hanya menggunakan media tulisan, menulis juga dapat menghasilkan imajinasi yang tak terbatas bagi para pembacanya. 

Sehingga tulisan, artikel, novel, cerpen dan lainnya dapat dimengerti dan dapat diterima oleh pambaca. Berikut ini akan saya sampaikan tips dan trik dalam memulai sebuah tulisan fiksi, bisa berupa novel, cerpen atau artikel tertentu yang ingin anda tulis.

Tips dan caara-cara menulis karya Jurnalis :

1. Mulailah dengan kehidupan pribadi anda.
Mulailah menulis berdasarkan kehidupan pribadi anda. Menuliskan pengalaman pribadi tentunya akan lebih mudah lebih lancar. Karena dalam tulisan tersebut berdasarkan dari pengalaman maupun cerita unik yang bisa anda kembangkan menjadi suatu karya yang menarik. Lalu bagaiman bila anda tidak ingin menuliskan hal pribadi anda melainkan ingin menuliskan kisah lain? Tentunya anda harus mengetahui informasi maupun fakta yang ada. Misalnya anda menuliskan bagaimana hidup dan tinggal di Paris sedangkan anda tidak mengetahui apapun yang ada di Paris. Tentunya anda harus banyak mencari informasi mengenai Kota tersebut dan adat istiadatnya. Bila perlu anda dapat berkunjung ke sana dan mengamati langsung, sehingga anda dapat menuliskan suatu cerita berdasarkan pengalaman anda. Atau anda bisa menggunakan imajinasi untuk menggambarkan suatu tempat yang ada di pikiran anda, dan anda bebas untuk menciptakannya.

2. Ciptakanlah Karakter yang pas dalam Cerita anda.
Menciptakan sebuah karkter dalam tulisan anda bukan hanya sekedar memberi nama seorang karakter. Karakter tersebut harus mempunyai sifat yang manusiawai. Ada yang suka dan ada yang tidak suka, karena manusia memang demikian. Kemudian jangan lupa bahwa tegaskanlah sifat dari masing masing karakter yang anda ciptakan. Ada yang pendendam, ada yang Penakut dan lainnya. Sehingga masing masing mempunyai ciri dan sifat yang unik. Tetapi ada hal yang perlu anda ketahui, bahwa jangan terlalu detai mendeskripsikan karakter yang anda ceritakan, buat semenarik mungkin yang membuat pembaca merasa tertarik dengan kepribadian karakter ciptaan anda. Artinya membuat pembaca merasa penasaran adalah hal wajib yang perlu dilakukan. Dan dapat membuat pembaca membacanya hingga selesai.

3. Pembagian Babak yang Baik
Ada beberapa bagian dari tulisan yang perlu anda ketahui. Yaitu bagian Pembuka, Bagian Konflik, Klimaks, Peleraian dan yang terakhir Penutup. Bagian-bagian tersebut haruslah ada. Konfilk sangat penting bagi sebuah cerita. Bagaimana pembaca akan tertarik bila membaca hal yang sifatnya datar, baik tanpa ada gejolak. Namun konflik juga harus diatur sedemikian hingga supaya pembaca tidak mudah menebak akhir dari cerita yang ingin anda tulis. 

4. Mengatur sudut pandang
Banyak penulis pemula yang terjebak di area ini. Sering kali anda menuliskan atau memaparkan sebuah artikel berdasarkan sudut pandang yang tidak singkron. Aturlah sudut panda ketika anda menulis, apakah anda sebagai pelaku dalam cerita, atau anda sebagai pengamat, atau anda sebagai orang ketiga dalam kisah tersebut. Sehingga penulisan "Aku, Saya, Dia, Mereka " akan pas, dan tentunya si pembaca mengerti berperan sebagai siapakah si penulis. Pengaturan sudut pandang dapat anda baca di sini : Penjelasan Sudut pandang dalam sebuah cerita.

5. Dialog itu penting
Dialog berperan sebagai penegas, serta membuat sebuah tulisan menjadi nyata. Di sebuah dialog anda dapat mengkutip kata-kata yang benar-benar benar diucapkan. sehingga tulisan anda terasa nyata.

6. Gunakan sistematis tulisan Bahasa yang benar
Anda harus belajar bagaimana format dan struktut kata dalam bahasa. Untuk Bahasa Indonesia atau bahasa yang lain mempunyai format yang valid dalam mengatur sebuah tulisan. Bagaimana menulis dialog, bagaimana susunan kalimat, dan bagaimana susunan paragraf yang baik. Mungkin cerita atau artikel yang akan kita tuliskan tidak selalu menggunakan EYD, namun alangkah baiknya penulisan menggunakan format yang tepat.

Demikian tips dan trik untuk menulis sebuah karya fiksi. Enjoy Writing, Salam.

0 komentar:

Post a Comment

Monggo dikomentari - Please add your comment